Memelihara Kelinci Jenis Holland Lop, Dian: Begini Caranya Bagi Pemula

www.lbilenbari.com Kelinci adalah salah satu hewan pengerat yang banyak digemari oleh berbagai kalangan orang, baik dewasa maupun remaja dan anak-anak.

Hal itu tentu saja disebabkan, karena kelinci tergolong hewan yang imut, lucu, menggemaskan dan relatif jinak, sehingga anak-anak pun juga sangat menyukainya.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara kelinci, bagi penghobi terutama jenis Holland Lop.

Menurut breeder kelinci Holland Lop asal Kota Batu Eko Sabdianto, memelihara kelinci jenis Holland Lop berbeda dengan memelihara kelinci pada jenis lain.

“Memelihara kelinci tidak serta merta bisa dilakukan dengan asal-asalan. Apalagi jenis Holland Lop. Ya, karena jenis kelinci ini rentan setres dan mudah mati, jika tidak mengetahui cara merawatnya.
Tapi pada dasarnya, memelihara dan merawat kelinci itu tidaklah sulit, jika mengetahui caranya dengan benar,” kata Dian sapaan akrabnya, Sabtu (9/1/2021).

Pemilik farm KWB Rabbitry yang berlokasi di Jalan Kelud, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu ini menjelaskan, bagi pemula ataupun yang baru pertama kali memelihara kelinci, tentunya akan bingung jika kelinci yang dipeliharanya sedang sakit.

“Jadi hal pertama yang dilakukan, adalah memahami terlebih dahulu karakteristik dan temperamen dari jenis kelinci yang akan kita pelihara. Kemudian menyiapkan kandang yang berukuran 50x40x30, terutama untuk kelinci jenis Holland Lop. Selanjutnya, masalah pakan yang tak kalah penting juga harus diperhatikan, jika tidak maka kelinci akan sakit. Selain itu, setiap hari kandang juga dibersihkan,” terang dia.

Dian yang juga seorang jurnalis ini mengungkapkan, agar tidak mudah sakit dan setres, hendaknya pakan harus berupa “Hay” atau rumput kering, bukan rumput hasil menyabit, atau sayuran seperti wortel dan lainnya. Karena jika tidak, maka akan terjadi malocclusion, alias gigi tongos. Karena gigi kelinci terus tumbuh sepanjang hidupnya. Selain itu tempat minuman juga harus diperhatikan dan diganti setiap hari, tidak disarankan berupa mangkuk, akan tetapi berupa tempat minum nipel.

“Itu hal yang penting dilakukan, karena kelinci jenis Holland Lop itu kan telinganya turun kebawah “nge-lop”, jadi kalau tempat minuman berupa mangkuk, maka rawan terkena penyakit scabies, karena telinganya bersentuhan dengan air secara terus menerus. Kalau pakan, disarankan Hay, ya sejenis rumput kering yang kaya akan serat, bagus untuk sistem pencernaan kelinci yang sensitif. Wortel juga jangan diberikan, karena mengandung kadar gula tinggi. Idealnya Hay 80 persen, dan makanan tambahan berupa pelet 20 persen,” paparnya.

Dirinya juga menguraikan, jika ada kelinci yang sakit atau tidak mau makan, jangan serta merta diberikan obat dahulu, tapi kenali gejala atau penyebab kelinci sakit, salah satunya setres juga menjadi penyebab dan suara bising yang tidak disukai kelinci.

“Salah satu penyebab kelinci setres, sakit dan mati ada beberapa faktor. Ya, diantaranya pakan, dan cara memegang kelinci yang salah. Contohnya menganti pakan secara tiba-tiba, yang sebelumnya pelet merk ini diganti dengan pelet merk lain, alhasil kelinci menjadi mencret, sakit dan berujung pada kematian. Jadi tanyakan dahulu, pakan pelet apa kepada breeder pertama anda membeli kelinci. Contoh lainnya adalah cara memegang kelinci tidak boleh sembarangan, apalagi di telinganya, karena terdapat banyak syaraf. Caranya dengan mengendong seperti bayi, tidak diangkat dipunggung akhirnya kulitnya jadi ketarik, dan itu terang saja menyakiti kelinci,” bebernya.

Selain itu, ada beberapa solusi jika kelinci sakit dapat diberikan penanganan tanpa harus ke dokter hewan. Jadi, sebisa mungkin tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam.

“Jika mencret, diberikan pucuk daun jambu biji. Namun, bilamana kelinci tidak mau makan solusi lain bisa dengan cara di sepet dengan madu yang dicampurkan tumbukan daun jambu biji. Dan jika kelinci mengalami sakit scabies, bisa diberikan obat khusus hewan melalui oral atau injeksi,” pungkasnya.

Jika kalian tertarik untuk memelihara kelinci jenis Holland Lop, bisa mengunjungi #kwbrabbitry “Holland Lop Speciality” yang berlokasi di Jalan Kelud, No.2F, RT 2, RW 11, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu atau sekadar berkonsultasi melalui nomor WhatsApp 085725516612. Instagram: kwbrabbitry, Facebook: Kwb Rabbitry.